Monday, December 30, 2013

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen - Masih bahasan seputar manajemen. Kali ini admin akan mengangkat tema tentang pengertian dan defini dari manjemen itu sendiri. Beberapa pengertian manajemen ini, berasal dari beberapa ahli sesuai dengan sudut pandang mereka masing-masing yang kebanyakan admin kutip dari buku-buku pelajaran ekonomi kelas XII. Semoga mudah dipahami dan menjadi posting yang bermanfaat.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:979-980), manajemen diartikan : Proses pemakaian sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan; Penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Arifin dan Giana dalam bukunya yang berjudul Membuka Cakrawala Ekonomi 3 (2009:64), menyajikan beberapa pendapat tentang manajemen yang disampaikan oleh beberapa ahli, berikut ini:

James A. F. Stoner, dkk. (1996), mendefinisikan manajemen sebagai proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi serta menggunakan semua sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Paul Hersey dan Kenneth Blanchard, mendefinisikan manajemen sebagai suatu usaha yang di lakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.

Siswanto (2005), memberi batasan manajemen sebagai seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang serta mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Setelah memaparkan beberapa pendapat di atas. Selanjutnya, beliau memberikan kesimpulan bahwa pengertian manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan.

Sa’dyah dan Dadang dalam bukunya yang berjudul Ekonomi 3 (2009:179-180) memberikan berbagai sudut pandang yang berbeda-beda mengenai arti manajemen yang bersumber dari beberapa ahli sebagai berikut:

Pengertian Manajemen Ditinjau dari Sudut Ilmu Pengetahuan
Dari segi ilmu, pengertian manajemen dikemukakan oleh Luther Gulick. Menurut Gulick, manajemen adalah pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
Pengertian Manajemen Ditinjau dari Sudut Proses
Dari segi proses, pengertian manajemen dikemukan oleh George R Terry. Menurutnya, manajemen adalah proses yang khas, yang terdiri dari tindakantindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran tertentu, melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Pengertian Manajemen Ditinjau dari Sudut Kegiatan Manusia
Menurut Harold Koontz dan Cyril O’ Donnel, manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Pengertian Manajemen Ditinjau dari Sudut Seni
Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni melakukan pekerjaan melalui orang lain.
Selanjutnya, beliau juga menyimpulkan bahwa manajemen bisa diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan menggunakan seni dan ilmu pengetahuan.

Referensi:
  1. Chumidatus Sa’dyah dan Dadang Argo P, 2009, Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional RI.
  2. Imamul Arifin dan Giana Hadi Wagiana, 2009, Membuka Cakrawala Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional RI.
  3. Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, 2008.

No comments:

Post a Comment