Thursday, December 12, 2013

Pengertian Keuangan Menurut Para Ahli

Apa arti dari keuangan? Sebelum kita mencari tahu pengertian keuangan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti kata dasar dari kata tersebut, yang tak lain adalah uang. Oke, mari kita bahas satu-persatu.

Pengertian Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Uang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2008:1766) uang diartikan : (1) Alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu; (2) harta; kekayaan.

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.

Nah merujuk pada dua pengertian di atas, di sini admin memberikan kesimpulan bahwasannya arti dari uang adalah harta benda atau kekayaan.

Pengertian Keuangan

Setelah kita mengetahui arti dari uang seperti dijelaskan di atas. Selanjutnya kita akan membahas tentang arti keuangan.

Keuangan dalam KBBI (2008:1767) diartikan : (1) segala sesuatu yang bertalian dengan uang; (2) seluk beluk uang; (3) urusan uang; (4) keadaan uang. Contoh dalam kalimat: biaya rumah sakit tidak terjangkau oleh keuanganku. (artinya: kondisi uang/harta/kekayaanku tidak bisa menjangkau biaya rumah sakit)

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, Keuangan adalah mempelajari bagaimana individu, bisnis, dan organisasi meningkatkan, mengalokasi, dan menggunakan sumber daya moneter sejalan dengan waktu, dan juga menghitung risiko dalam menjalankan proyek mereka. Istilah keuangan dapat berarti: (1) Ilmu keuangan dan asset lainnya; (2) Manajemen asset tersebut; (3) Menghitung dan mengatur risiko proyek.

Ridwan dan Inge (2003). Keuangan merupakan ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan setiap orang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar, dan instrumen yang terlibat dalam transfer uang diantara individu maupun antara bisnis dan pemerintah.

Referensi:
  1. Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, 2008.
  2. Sundjaja Ridwan S. & Barlian Inge, Manajemen Keuangan, edisi ke lima, Literata Lintas Media, Jakarta, 2003.
  3. Wikipedia bahasa Indonesia tentang uang dan keuangan.
Untuk lebih lengkapnya, silakan baca posting tentang pengertian manajemen keuangan.

Nah, itulah tadi sedikit wawasan tentang Pengertian Keuangan yang bisa kita pelajari bersama di kang nash blog, meski begitu singkat serta masih banyak salah kata dan ketik semoga ada guna dan manfaat yang bisa diambil, terimaksih. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment