Saturday, December 28, 2013

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran - Pada posting sebelumnya, kita telah membahas secara singkat namun cukup jelas tentang pengertian uang dan keuangan. Untuk kesempatan kali ini, masih berkutat seputar masalah ekonomi. Admin akan berbagi wawasan singkat tentang pengertian pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa pengertian pemasaran mulai dari yang merujuk pada KBBI dan Wikipedia, sampai dengan beberapa pendapat para ahli terkemuka:

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian pemasaran dalam KBBI (2008:1130) (1) proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan; (2) perihal menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat.

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disubutkan : Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Basu Swasta (2000 : 8) dalam buku Manajemen Penjualannya menyebutkan, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa, ide kepada pasar agar dapat mencapai pasar sasaran.

Pemasaran menurut Philip Kotler (2000 : 8) adalah : Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Pengertian pemasaran menurut Djaslim Saladin (2003;1) : Suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Referensi:
  1. Kotler Philip, 2000, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Jilid 2, Terjemahan, Prenhalindo, Jakarta.
  2. Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, 2008.
  3. Saladin Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Linda Karya, Bandung.
  4. Swastha Basu, 2001, Manajemen Penjualan, Edisi 3, Cetakan ke 5, BPFE, Yogyakarta.
  5. id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran

No comments:

Post a Comment